Monday, July 23, 2012

In Progress #Part 1-2

Edit Posted by with 3 comments
 

Dua pekan ini, benar-benar rempong :D
Mau lulus saja, belibetnya seperti ini, hehe...
#Birokrasi.com

Pasca ujian sidang tugas akhir, banyak hal yang harus saya lakukan. Kalau kata hati saya "mau lulus saja, begini rempongnya ya? :D". Menurut kesimpulan awal saya, ada lima hal tahap yang harus saya lakukan:
1. Konsul ke dosen penguji untuk revisi, sampai benar-benar kelar
2. Tahap pengumpulan laporan ke perpus
3. Tahap pengumpulan katalog
4. Tahap penyelesaian syarat yudisium
5. Tahap penyelesaian syarat wisuda

Singkat cerita (padahal bejibun ceritanya :D), pasca sidang sampai hari Selasa, 17 Juli 2012, proses down-up menyelesaian tahap nomer 1. Sampai pada akhirnya Rabu 18 Juli 2012, mau mendemokan revisi ke penguji, ternyata dosen penguji sedang di Jogja, balik ke MIPA sore. Sambil memanfaatkan waktu, cari syarat buat yudisium bersama teman-teman ke KOPMA pusat (surat bebas KOPMA).Sorenya, setelah menunggu seharian dosen penguji yang sedang menyelesaikan urusan tesisnya di UGM, akhirnya sekitar pukul 16.00an bisa mendemokan hasil revisi ke beliau. Alhamdulillah dapet imbalan ACC, setelah akhirnya berjuang sampai berdarah-darah (lebay.com). Okey, penguji satu dan dua sudah clear.

Pulaaang... cetak laporan empat kali, targetnya sih rabu malam jam 20.00 dah kelar, tinggal meluncur ke belakang kampus, nitip di fotokopian buat dijilid hard cover. Tapi Alloh berkehendak lain, sampai pukul 21.00 baru kelar ngedit. Huhf, ya sudah... besok semoga bisa kelar. Dan ternyata pemirsa, HaPe saya ketinggalan di Lab. Sertifikasi (kantornya dosen penguji), waduh... sudah malam, ga mungkin kalau balik ke kampus. Alhamdulillah letak Lab. Sertifikasi dekat dengan base camp HMP (E-Mailkomp), kebetulan ada teman kampus (si x) yang masih di E-Mailkomp. Dan sayapun menghubungi sahabat saya (si y), yang nomer kontaknya ada di HP-nya ibu, kebetulan si y itu dulu temannya si x ketika SMA, saya minta tolong si y untuk menghubungi si x, mencarikan HP saya di Lab. Sertifikasi (bingung ya? saya sendiri juga bingung dengan yang saya ceritakan, si x maupun si y, apaan itu "x", "y" seperti rumus matematika, heheh...
Intinya, akhirnya dosen penguji menemukan HP saya yang tertinggal di lab tsb kemudian memberikan kepada si x. Maaf deh pak, saking ruwetnya pikiran, sampai-sampai lupa ninggalin barang) heheh...

Pagipun tiba, sang mentari bersinar dengan cerahnya. H-1 Ramadhan, cari info-sms ke banyak teman yang nge-kos di belakang kampus, di mana fotokopi yang buka pagi-pagi dan bisa diselani jilid kilat, hahah. Okay, alhamdulillah dapet info TKP-nya, sekitar jam 06.30 langsung cabut ke belakang kampus dari rumah. Ibu berkata "Lah, ora adus dhisik?" (ga mandi dulu). Jangankan mandi, cuci mukapun belum saya lakukan, heheh... engga' just kidz. Mandi nomer dua, yang penting mengejar waktu dulu. Cabuuut...

Sampai tempat fotokopian, nego sama mas-nya fotokopi ni.
Saya: "Lagi antri ga mas?"
Mas-nya: "Engga mba, kenapa?"
Saya: "Ini mau nyelani jilid hard cover warna biru dongker, tapi kilat, bisa?"
Mas-nya: "Owh, ya mba"
Saya: "Kalau kilat berapa ya mas?"
Mas-nya: "Biasanya lima belas ribu mba"
Saya: "Ga bisa kurang mas? Ada info, kalau kilat sekitar dua belas ribu rupiah" (heheh, dasar saya, ibu-ibu hobi menawar, kaya' di pasar aja, main tawar, soalnya di tempat lain ada yang segitu, heheh...)
Mas-nya :(Akhirnya setuju dengan tawaran saya, haha menang nego) "Yawis mba, segitu ndak papa"
Saya: "Oke mas, nanti saya ambil jam 11 ya, nuwun"
ckckck... berhasil...
Sayapun kembali lagi ke rumah, ngurus kerjaan rumah dulu.

Dan jam 11-pun tiba, berangkaaat...
Meluncur ke tempat fotokopian, then ke kampus tercinta. Sesampainya, o iya lupa, hari ini dosen-dosen yang di kayangan lagi lokakarya di Puskom. Rencana mau cari ACC pembimbing nih. Yah... menunggu, sampai sore lokakarya selesai. Waktu bagaikan pedang, saya manfaatkan sambil menunggu beliau lokakarya selesai, cari persyaratan lain untuk yudisium. Ke Labkom minta ACC ketua Labkom, ke PD III minta ACC, input data digilib, de-es-be. Akhirnya alhamdulillah, sorenya bisa bertemu pembimbing minta ACC. Huhf... masih kurang Ketua Prodi sama Dekan yang belum nih. Tapi sudah sore, besok saja targetnya.

Dan alhamdulillah, jumat-pun datang. Ke kampus lagi pagi-pagi, minta ACC Ketua Prodi kemudian Pak Dekan-cap TU. Then, ke perpus fakultas (MIPA) ngumpulin CD dan laporannya, sampai pada administrasi. Kemudian ke perpus pusat, ngumpulin CD dan bawa surat dari perpus fakultas, kemudian fotokopi surat-surat itu, kumpulin lagi di perpus pusat. Setelah selesai dari perpus pusat cabut kembali ke jurusan untuk menyerahkan surat dari perpus pusat dan fakultas. Alhamdulillaah, tahap pertama sampai tahap kedua selesai.
Cerita bersambung di tahap selanjutnya^^.

3 comments:

kkp said...

nunggu kelanjutan ceritanya ahh.... :)

Unknown said...

to mb. Putri:

hehe... maaf, masuk spam itu, aku belum terlalu paham dengan settingan blogger yang baru ni :D

kkp said...

:)
sudah kuduga...